Perbedaan
Vygotsky percaya bahwa anak-anak berbicara
sendiri untuk merenungkan dan memahami tindakan fisik mereka. Vygotsky
menyatakan bahwa private speech,
sebagaimana ia menyebutnya, sebenarnya adalah blok bangunan fundamental dalam
kemampuan kognitif lainnya. Private
speech merupakan
komunikasi yang dilakukan dengan diri sendiri. Biasanya private speech
ini dilakukan dengan 2 cara, secara internal yaitu berbicara dalam hati dan
tanpa bersuara, atau secara eksternal yaitu berbicara dengan suara.
Perbedaan antara dua perilaku adalah bahwa bukan hanya mengoceh untuk diri
mereka sendiri dalam buaian mereka, bayi mulai menggunakan pidato mereka untuk
mengatur perilaku mereka selama kegiatan. Kedua Piaget dan Vygotsky mengamati
"private speech" lebih
dalam kasus di mana anak-anak pra-sekolah dihadapkan dengan pemecahan masalah
situasi. Sedangkan tujuan utama bahasa adalah untuk bersosialisasi, anak-anak
menggunakan "private speech"
untuk memahami lingkungan mereka dan mengembangkan alat kognitif baru untuk
berpikir dengan cara baru. Vygotsky berpendapat bahwa "private speech" tumbuh dari
interaksi dengan orang tua dan orang dewasa lainnya. Melalui interaksi
tersebut, anak-anak mulai menggunakan komentar instruksional orang tua mereka
untuk mengarahkan perilaku mereka sendiri (Kristinsdottir, 2001). Berbeda
dengan keyakinan Piaget bahwa "private
speech" itu egosentris dan belum dewasa, Vygotsky dilihat sebagai arah
diri dan self regulation. Selanjutnya, Vygotsky percaya bahwa pidato swasta
menjadi terinternalisasi pada sekitar 9 tahun dan akhirnya berkembang menjadi inner speech.
Piaget
menyebut tindakan anak-anak berbicara kepada diri mereka sebagai pidato egosentris. Piaget percaya bahwa pidato egosentris terjadi karena anak-anak tidak memiliki kemampuan kognitif dan pengalaman untuk benar berkomunikasi dengan rekan-rekan mereka.
Contoh ini adalah penggunaan seperti pidato sebagai
pengulangan verbal individu lain, monolog selama
kegiatan, dan komentar non-timbal balik dalam pengaturan kolektif (Agres, 2000).
Dalam kasus tesis,
anak-anak sedang berbicara dengan
diri mereka sendiri dan Piaget merasa ini adalah tanda ketidakdewasaan
dan ketidakmampuan untuk berbagi titik lain anak pandang.
Namun, sebagai anak tumbuh lebih tua dan dia mengalami lebih banyak dan lebih interaksi sosial,
mereka mulai berbicara dalam lebih
dari cara komunikatif
sebagai lawan berbicara pikiran mereka keras kepada
siapa pun secara khusus. Ini
adalah tanda bahwa kemampuan kognitif
mereka telah matang dan mereka
sekarang telah mengadopsi perspektif orang lain (Agres, 2000). Dengan demikian, Piaget mencatat bahwa "pidato
egosentris" akhirnya akan memudar.
Persamaan
Piaget
dan Vygotsky sama-sama menghilangkan private speech di masa sekolah dasar awal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar