Laman

Rabu, 15 Mei 2013

Private speech antara Piaget dan Vygotsky


Perbedaan
 Vygotsky percaya bahwa anak-anak berbicara sendiri untuk merenungkan dan memahami tindakan fisik mereka. Vygotsky menyatakan bahwa private speech, sebagaimana ia menyebutnya, sebenarnya adalah blok bangunan fundamental dalam kemampuan kognitif lainnya. Private speech merupakan komunikasi yang dilakukan dengan diri sendiri. Biasanya private speech ini dilakukan dengan 2 cara, secara internal yaitu berbicara dalam hati dan tanpa bersuara, atau secara eksternal yaitu berbicara dengan suara. Perbedaan antara dua perilaku adalah bahwa bukan hanya mengoceh untuk diri mereka sendiri dalam buaian mereka, bayi mulai menggunakan pidato mereka untuk mengatur perilaku mereka selama kegiatan. Kedua Piaget dan Vygotsky mengamati "private speech" lebih dalam kasus di mana anak-anak pra-sekolah dihadapkan dengan pemecahan masalah situasi. Sedangkan tujuan utama bahasa adalah untuk bersosialisasi, anak-anak menggunakan "private speech" untuk memahami lingkungan mereka dan mengembangkan alat kognitif baru untuk berpikir dengan cara baru. Vygotsky berpendapat bahwa "private speech" tumbuh dari interaksi dengan orang tua dan orang dewasa lainnya. Melalui interaksi tersebut, anak-anak mulai menggunakan komentar instruksional orang tua mereka untuk mengarahkan perilaku mereka sendiri (Kristinsdottir, 2001). Berbeda dengan keyakinan Piaget bahwa "private speech" itu egosentris dan belum dewasa, Vygotsky dilihat sebagai arah diri dan self regulation. Selanjutnya, Vygotsky percaya bahwa pidato swasta menjadi terinternalisasi pada sekitar 9 tahun dan akhirnya berkembang menjadi inner speech.

Piaget menyebut tindakan anak-anak berbicara kepada diri mereka sebagai pidato egosentris. Piaget percaya bahwa pidato egosentris terjadi karena anak-anak tidak memiliki kemampuan kognitif dan pengalaman untuk benar berkomunikasi dengan rekan-rekan mereka. Contoh ini adalah penggunaan seperti pidato sebagai pengulangan verbal individu lain, monolog selama kegiatan, dan komentar non-timbal balik dalam pengaturan kolektif (Agres, 2000). Dalam kasus tesis, anak-anak sedang berbicara dengan diri mereka sendiri dan Piaget merasa ini adalah tanda ketidakdewasaan dan ketidakmampuan untuk berbagi titik lain anak pandang. Namun, sebagai anak tumbuh lebih tua dan dia mengalami lebih banyak dan lebih interaksi sosial, mereka mulai berbicara dalam lebih dari cara komunikatif sebagai lawan berbicara pikiran mereka keras kepada siapa pun secara khusus. Ini adalah tanda bahwa kemampuan kognitif mereka telah matang dan mereka sekarang telah mengadopsi perspektif orang lain (Agres, 2000). Dengan demikian, Piaget mencatat bahwa "pidato egosentris" akhirnya akan memudar.


Persamaan
Piaget dan Vygotsky sama-sama menghilangkan private speech di masa sekolah dasar awal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar